Datsun Cross LCGC rasa "Mercy"


Mesin teknologi CVT, lebih responsif dan canggih

Setelah sukses jualan mobil Datsun Go dan Datsun Go+ Panca beberapa tahun lalu, di tahun ini Datsun kembali mencoba peruntungannya di pasar otomotif. Mereka meluncurkan Datsun generasi terbaru yang mereka namakan Datsun Cross.
Konon, kata tim Marketing nya Datsun Motor , Datsun Cross lahir karena adanya permintaan pasar dari para pecinta mobil mini MPV khususnya pemilik Datsun. Dari survey yang sudah dilakukan, masyarakat cenderung mendambakan mobil mini MPV dengan teknologi transmisi otomatis, tentunya dengan sentuhan teknologi teranyar yang lebih kekinian dan lebih fresh mengikuti perkembangan zaman, namun tidak menghilangkan cita rasa khas "Mesin Datsun"

Apa saja perubahannya dari Datsun Generasi sebelumnya? 
#Mesin
Kalo secara kapasitas, Datsun Cross masih mengadopsi mesin dengan silinder 1200cc. Namun untuk teknologinya, jika generasi sebelumnya mengadoipsi teknologi CVTC, untuk Datsun Cross sekarang teknologinya menggunakan sistem CVT, sesuai dengan trend mobil jaman now.  mesin ini lebih halus, dan lebih responsif dibanding generasi sebelumnya.

#Trasmisi dan Rem
Transmisi nya kan sudah jelas pakai matic, jadi pengoperasiannya ya sama persis dengan mobil dengan transmisi matic pada umumnya. Transmisi cuma memakai 4 posis, yaitu posisi R, Posisi N, posisi D dan posisi L.

Transmisi Matic

Untuk fitur kekinian lainnya adalah sistem remnya yang sudah ABS (Anti Lock Breaking System), yang menjamin saat pengereman tidak terjadi selip, selain itu ada fitur keamanan lainnnya saat melewati medan licin mobil tidak akan oleng.

Teknologi anti selip
#Interior
Nah, bedanya Datsun Cross dengan generasi sebelumnya banyak  di sisi interior, perombakan besar-besaran dilakukan disini, tentunya agar lebih nyaman bagi user dong yah. apa saja yang di rombak? ini dia :

- Seat depan dibuat lebih premium dan sporty, jok nya tebel dan keduanya berjenis captain seat, lebih nyaman dan private pokoknya.


- Ada dua airbag yang ditanam di kabin depan, yang merupakan standar keamanan bagi mobil generasi jaman now.

- Jika pada generasi sebelumnya power window belum bisa dikontrol dari ruang kemudi, pada Datsun Cross semua power window nya bisa di lock dari kemudi. untuk power window pintu belakang juga sudah nggak menggunakan engkol lagi, sudah di ganti dengan sistem electric.

Control Power Window

- Spion yang dulunya masih menganut sistem touch screen alias harus di sentuh ha ha, pada Datsun Cross sudah electric, jadi tinggal pencet pencet dari kemudi saja, itu spion bisa di mainkan.


- Untuk sisi entertainment dan audio video, Datsun Cross merombaknya secara total. Jika dulu cuma bisa radio dan flashdisk untuk menikmati musik, sekarang sudah dilengkapi dengan layar LED.

- Oiyah, Hand brake system-nya juga udah berubah loh, udah nggak kayak mobil truk yang posisi nya di tengah dan musti ditarik pakai tenaga kuda untuk mengunci. Pada Datsun Cros udah pakai model push and pull kayak mobil MPV kebanyakan.


#Body dan Tampilan Luar
Kalo di lihat-lihat sih, tampilan Datsun Cross ini terlihat lebih gahar dan lebih kokoh dibanding keluaran sebelumnya. Fog lamp nya sudah LED, desainnya juga bagus, banyak lekukan dan lebih futuristik (tahu kan artinya futuristik? *abaikan), handle pintunya sudah grill chrome, terlihat elegant. dan yang bikin pangling adalah bagian atas nya sudah di lengkapi dengan roof rail, semakin sempurna menjadi mobil sport dan mobil adventure. Spoiler belakang meski tidak mengalami perombakan yang signifikan, tapi terlihat lebih meriah karena desainya pas banget. Dop rodanya juga sekarang sudah racing, menambah kesan kokoh dan lebih elegant dibanding sebelumnya yang pakai plastik dan gampang lepas sehingga harus di ikat pakai kaabel ties.


Sumber vivanews.com
Previous
Next Post »